RSS

Meraih Kemenangan Ramadhan

  Ramadhan telah datang!
Ramadhan merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT dalam setahun. Bagaimana tidak, pada bulan Ramadhanlah Alqur’an diturunkan sebagaiman dalam firman Allah dalam surat Albaqaroh[2] ayat 185 mengatakan:
“Bulan Ramadhan yang diturunkan di dalamnya Al-Qur;an sebagai petunjuk bagi manusia, serta sebagai penjelasan dari petunjuk itu dan sebagai pembeda antara hak dengan bathil”. (TQS. Albaqaroh:185)
             
        Bulan Ramadhan demikian istimewanya sampai-sampai Allah SWT membuat adanya malam “Lailatul Qadar” pada bulan itu. Seperti yang kita ketahui, nilai malam lailatul qadar itu lebih baik dibandingkan dengan kurun waktu seribu bulan tercantum dalam firman Allah SWT dalam surat Al Qadr ayat 1-5 yaitu:

“Kami turunkan Al qur’an itu pada lailatul qadar, dan tahukah engkau apa lailatul qadar itu? Lailatul Qadar tersebut lebih baik dari pada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusannya. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar”. (TQS. Al Qadr: 1-5)
           



Ketika kita melakukan amalan ibadah pada malam ini, maka pahalanya lebih baik dari pada amalan sebelumnya ramadhan. Contohnya mengaji pada malam itu, pahalanya lebih baik dari pada mengaji jumlah ayat yang sama selama 1000 bulan (83 tahun) pada hari-hari di luar lailatul qadar. Demikian pula, perbuatan kebajikan apapun pada malam itu lebih baik dari pada perbuatan yang sama dilakukan selama 1000 bulan pada hari selainnya.
          
Pada bulan-bulan biasa, haji adalah haji dan umroh adalah umroh. Sedangkan saking spesialnya bulan ramadhan, ibadah umroh pada bulan Ramadhan setara dengan menunaikan ibadah haji. Hal ini dijelaskan oleh Nabi SAW dalam sabdanya riwayat Imam Nasai “Bila datang bulan Ramadhan, maka lakukanlah umroh. Sebab ibadah umroh pada bulan itu setara dengan melakukan haji”


Saking tingginya kedudukan shaum Ramadhan, Rasulullah SAW menegaskan:

“Demi jiwaku yang ada di genggaman tangan-Nya, sungguh nafas mulut orang yang shaum lebih wangi di sisi Allah SWT dari pada wangi kesturi”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Betapa tingginya posisi bulan Ramadhan! Yuuk kita persiapkan diri dan lakukan amalan-amalan sunah yang bisa meningkatkan kualitas keimanan kita. Betapa inginnya kita kalau Ramadhan itu sepanjang bulan agar mendapatkan pahala yang luar biasa banyaknya.

-D-

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar