RSS

PUASA MUHARRAM

Hari ini tanggal 5 Desember 2011. Sekarang umat muslim banyak yaang puasa 9 Muharram. Tapi adaj juga yang bilang 10 Muharram dan niatkan puasa Asyuro.
Tadi pagi Ovi sms saya....

Ovi: "Din, sekarang tanggal 9 atau 10 Muharram?",
Dini:  9 Muharram.
Ovi: Ooo bukannya 10 Muharram yah, soalnya tadi lihat informasi di FB banyak yang bilang sekarang tanggal 10 loh. Knapa bilang 9 Muharram?
Dini: Soalnya tanggal 1 Muharram kemaren jatuh pada hari Sabtu Magrib tanggal 26 November 2011, jadi kalau hitung-hitungan tanggal, sekarang masih 9 Muharram dan nanti magrib baru 10 Muharram.
Ovi: Ooo, syukron

Percakapan di sms tadi membuat saya berfikir, sekarang benar gak sih 9 Muharram? -_-". Kebetulan ada Uni Novi telpon, dan menanyakan hal tersebut. Tenyata Uni Novi sependapat dengan saya. Hmm, tapi masih kefikiran, banyak info di FB mengatakan kalau sekarang tanggal 10 Muharram *90--0)8^%$$%^**. Tau-tau dapat sms dari Uni kalau sekarang 10 Muharram. Dan dilihat diwebsite HT pun mengatakan kalau sekarang 10 Muharram. Jadi niat puasanya pun diubah, karna puasa sunnah jadi boleh diubah.


RALAT:

Hari ini tanggal 10 Muharram, bukan 9 Muharram.

Jadi niat puasa hari ini adalah shaum sunnah 'Asyura, bukan niat shaum Sunnah Tasu'a.

Silahkan chek ke situs tanggal hijriah online, dan atau ke situs pusat maktab I'lamiy Hizbut Tahrir.

Untuk niat shaum sunnah boleh di ubah, namun hanya khusus untuk shaum sunnah saja, bukan shaum yang wajib, karena niat shaum sunnah boleh dilakukan setelah terbit fajar, hal ini didasarkan pada hadist :
Hal ini didasarkan pada hadis penuturan Aisyah ra.:

«
اَنَّ النَّبِي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: أَصْبَحَ اليَوْمُ، عِنْدَكُمْ شَيْءٌ تُطْعِمُوْنَ؟ فَقَالَتْ: لاَ. فَقَالَ: اِنِّي إِذًا صَائِمٌ»

Sesungguhnya Nabi saw. pernah bertanya, “Apakah pagi ini ada sesuatu (makanan) untuk kalian makan?” Aisyah menjawab, “Tidak ada.” Nabi saw. kemudian berkata, “Kalau begitu, aku akan berpuasa saja.” (HR Ahmad).

Wallahu A'lam bis showab.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar